Soft skill pada CV

Soft Skill Pada CV

Mungkin Anda sudah tahu bahwa resume Anda adalah salah satu dokumen paling penting dalam proses pencarian kerja. Resume Anda adalah cara Anda memperkenalkan diri kepada pemberi kerja potensial dan menunjukkan keterampilan, pengalaman, dan prestasi Anda. Tetapi apakah Anda tahu bahwa ada satu hal yang bisa Anda tambahkan ke resume Anda yang bisa meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda?

Menurut sebuah studi baru dari LinkedIn, menambahkan keterampilan lunak ke resume Anda bisa menjadi kunci untuk mendapatkan panggilan wawancara dan tawaran pekerjaan. Keterampilan lunak adalah keterampilan yang berkaitan dengan kepribadian, komunikasi, kerjasama, dan penyelesaian masalah. Beberapa contoh keterampilan lunak yang dicari oleh pemberi kerja adalah kemampuan beradaptasi, berpikir kritis, kerja sama tim, dan etika kerja.

Studi LinkedIn menemukan bahwa 92% dari pemberi kerja mengatakan bahwa keterampilan lunak sama penting atau lebih penting daripada keterampilan keras (keterampilan yang berkaitan dengan pengetahuan teknis atau spesifik). Studi ini juga menemukan bahwa 89% dari pemberi kerja mengatakan bahwa sulit untuk menemukan kandidat dengan keterampilan lunak yang baik. Oleh karena itu, menunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan lunak yang dibutuhkan oleh pemberi kerja bisa membuat Anda lebih menonjol di antara pesaing lainnya.

Tetapi bagaimana cara Anda menambahkan keterampilan lunak ke resume Anda? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

Pilih keterampilan lunak yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Baca deskripsi pekerjaan dengan seksama dan perhatikan keterampilan lunak apa saja yang disebutkan atau diminta oleh pemberi kerja. Misalnya, jika Anda melamar pekerjaan sebagai manajer proyek, maka keterampilan lunak seperti kepemimpinan, pengelolaan waktu, dan negosiasi mungkin penting untuk dimiliki.

Berikan contoh konkret bagaimana Anda menggunakan keterampilan lunak tersebut dalam pengalaman kerja sebelumnya.

Jangan hanya menyebutkan nama keterampilan lunak tanpa memberikan bukti atau konteks. Sebaiknya, gunakan metode STAR (Situasi, Tugas, Aksi, dan Hasil) untuk menjelaskan situasi di mana Anda menggunakan keterampilan lunak tersebut, tugas apa yang Anda hadapi, aksi apa yang Anda ambil, dan hasil apa yang Anda capai.

Gunakan kata-kata tindakan yang kuat untuk mendeskripsikan keterampilan lunak Anda.

Kata-kata tindakan adalah kata-kata yang menunjukkan apa yang Anda lakukan dalam suatu situasi. Beberapa contoh kata-kata tindakan yang bisa Anda gunakan untuk mendeskripsikan keterampilan lunak Anda adalah berkolaborasi, berkomunikasi, memfasilitasi, mengorganisir, dan memecahkan.

Sertakan testimoni atau rekomendasi dari atasan, rekan kerja, atau klien yang bisa membuktikan keterampilan lunak Anda.

Jika Anda memiliki surat rekomendasi atau testimoni dari orang-orang yang pernah bekerja dengan Anda, Anda bisa memasukkannya ke resume Anda sebagai bukti tambahan bahwa Anda memiliki keterampilan lunak yang diinginkan oleh pemberi kerja. Pastikan testimoni atau rekomendasi tersebut sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar dan mencerminkan prestasi atau kontribusi Anda.

Dengan menambahkan keterampilan lunak ke resume Anda, Anda bisa meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda. Keterampilan lunak adalah aset berharga yang bisa membantu Anda sukses di dunia kerja yang kompetitif dan dinamis. Jadi, jangan ragu untuk memamerkan keterampilan lunak Anda dan tunjukkan kepada pemberi kerja bahwa Anda adalah kandidat yang tepat untuk pekerjaan tersebut.

Artikel Terkait

Subscribe Now

Agar Anda bisa mendapatkan info terkait artikel terbaru atau info lainnya seputar pelatihan

Tertarik ikut pelatihan? Atau masih bingung?

Anda bisa konsultasi dulu dengan kami

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.1, Pejaten Tim., Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Copyright © 2021 Sastara.org by Yayasan Sasmaya Cipta Akselerasi