Junior vs Senior Leader

Junior vs Senior Leader

Dalam dunia kerja, kita sering mendengar istilah pemimpin junior dan pemimpin senior. Apa sih bedanya? Dan apa saja kelebihan dan kekurangan masing-masing?

Pemimpin junior adalah pemimpin yang baru memulai karirnya sebagai pemimpin atau memiliki pengalaman yang relatif sedikit. Biasanya, mereka berusia muda dan memiliki energi yang tinggi. Mereka juga cenderung lebih kreatif, inovatif, dan berani mengambil risiko. Pemimpin junior bisa menjadi sumber inspirasi bagi timnya dan membawa suasana yang segar dan dinamis.

Namun, pemimpin junior juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah kurangnya pengalaman dan pengetahuan. Hal ini bisa membuat mereka kurang percaya diri, mudah stres, atau salah mengambil keputusan. Pemimpin junior juga mungkin kurang memiliki kredibilitas dan otoritas di mata timnya atau pihak lain. Mereka harus berusaha keras untuk membuktikan kemampuan dan kompetensi mereka.

Sementara itu, pemimpin senior adalah pemimpin yang sudah memiliki pengalaman dan jam terbang yang banyak. Mereka biasanya berusia lebih tua dan memiliki visi yang jelas. Mereka juga memiliki pengetahuan dan keterampilan yang luas, serta jaringan yang kuat. Pemimpin senior bisa menjadi sumber bimbingan dan arahan bagi timnya dan membawa suasana yang stabil dan profesional.

Namun, pemimpin senior juga tidak luput dari kekurangan. Salah satunya adalah kurangnya fleksibilitas dan adaptabilitas. Hal ini bisa membuat mereka sulit menerima perubahan, ide baru, atau kritik. Pemimpin senior juga mungkin kurang memiliki motivasi dan semangat. Mereka bisa menjadi bosan, jenuh, atau terlalu nyaman dengan zona aman mereka.

Dari uraian di atas, kita bisa melihat bahwa tidak ada pemimpin yang sempurna. Setiap pemimpin memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang penting adalah bagaimana kita bisa belajar dari pengalaman, mengembangkan diri, dan bekerja sama dengan tim untuk mencapai tujuan bersama.

Artikel Terkait

Subscribe Now

Agar Anda bisa mendapatkan info terkait artikel terbaru atau info lainnya seputar pelatihan

Tertarik ikut pelatihan? Atau masih bingung?

Anda bisa konsultasi dulu dengan kami

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.1, Pejaten Tim., Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Copyright © 2021 Sastara.org by Yayasan Sasmaya Cipta Akselerasi