Mungkinkah Kita Mempunyai 2 Profesi Sekaligus?

profesi ganda

Mungkinkah Kita Mempunyai 2 Profesi Sekaligus?

2 profesi dilakukan oleh satu orang? Apakah bisa? Mungkin kebanyakan dari kita tidak banyak menemukan orang yang melakukan 2 pekerjaan sekaligus. Misalnya seorang pengacara yang berminat bekerja juga sebagai akuntan, ataupun seorang web developer yang ingin menjadi penjual kuliner dan lainnya.

Hal ini jarang di lakukan karena untuk menggeluti sebuah profesi lainnya membutuhkan proses yang tidak mudah, Bisa memakan biaya untuk belajar dan juga belum tentu berhasil.

Tetapi, ternyata ada segelintir orang yang ternyata berhasil melakukannya, dan sukses menjalani dua profesi ini dengan baik dan mendapatkan Keuntungan.

Termasuk Kawan dari penulis artikel ini, yang ternyata mempunyai beberapa pekerjaan sekaligus dan cukup berprestasi. Dia adalah seorang Ahli SEO dan bekerja untuk sebuah perusahaan IT, dan di saat yang bersamaan dia juga adalah digital marketer dan di pekerjakan oleh perusahaan di bidang makanan cepat saji. Terkadang orang-orangpun merasa heran dan sering bertanya padanya “kamu tidur berapa jam sehari?” Dan “apakah waktu kamu cukup untuk semua pekerjaan itu?”

Dan seringkali dia hanya menjawab sambil agak tertawa “saya meluangkan waktu untuk beristirahat, dan mengerjakan semua proyek saya, dan saya menikmatinya”. Dan kenyataannya memiliki 2 profesi sekaligus membuat kawan saya ini lebih bahagia dan menikmati pekerjaan.
Berdasarkan data hasil penelitian dari berbagai sumber, ada beberapa keuntungan jika Anda memiliki 2 profesi sekaligus yaitu:

Keamanan Finansial

Seseorang yang memiliki pekerjaan sampingan yang menjanjikan cenderung lebih santai dan menikmati pekerjaan karena kesehatannya yang baik secara mental, hal ini disebabkan karena adanya rasa aman dan tidak ada kekhawatiran akan takut di pecat karena rasa bergantung yang tinggi pada pekerjaan tersebut.

Dan tentunya Anda mendapatkan pendapatan lebih banyak dari pada kawan lain sepekerjaan.

Waktu tidak terbuang percuma

Kebanyakan kita setelah sepulang bekerja lebih suka rebahan atau tidak melakukan apapun, bahkan cenderung melakukan hal yang konsumtif seperti jalan-jalan ke Mall ataupun Hang out.

Sesekali hal itu wajar dilakukan sebagai hiburan, namun jika terlalu sering maka sebetulnya hanya pemborosan dan membuang waktu. Seseorang dengan 2 profesi akan mencurahkan waktu selain saat bekerja untuk melakukan pekerjaan keduanya. Yang tentunya tidak mudah, melelahkan, namun waktu yang ada tidak terbuang percuma karena di konversikan menjadi keuntungan materil dan non-materil sekaligus.

Terbiasa disiplin dengan waktu

Disiplin dengan waktu adalah hal yang bagus karena salah satu tolak ukur dari profesionalisme dan mental yang bagus. Terbiasa mengerjakan 2 profesi sekaligus akan melatih Anda bagaimana mengatur waktu secara efektif dan efisien tanpa mengurangi performa 2 pekerjaan tersebut.

Mungkin akan sangat melelahkan dan dalam suatu waktu bisa saja Anda jenuh, tetapi ketika Anda sudah bisa melakukannya dengan baik, maka Anda jelas unggul dari pada kebanyakan orang pada umumnya.

Meningkatkan rasa percaya diri

Ini adalah aspek penting dari apa yang akan Anda rasakan ketika memiliki 2 profesi sekaligus dan berhasil melakukannya dengan baik. Anda harus menyadari bahwa tidak mudah untuk membagi fokus pikiran dan waktu ke dua hal yang berbeda, di butuhkan manajemen mental yang baik. Namun, ketika Anda berhasil melakukannya anda jelas lebih unggul dari kebanyakan orang, baik secara skill dalam bekerja dan juga dalam hal kecerdasan emosional.

Memiliki 2 profesi sekaligus sekilas memang terdengar keren dan juga patut dicoba, tetapi dalam hal ini memang tidak semua orang bisa melakukannya. Ada sebagian orang yang memang tidak bisa membagi pikirannya untuk ke hal yang lain dan lebih baik fokus untuk satu bidang saja.

Bukan berarti mereka tidak lebih baik, hanya saja setiap orang itu adalah Unik dan memiliki bakat yang tidak sama satu dengan yang lainnya.

 

Artikel Terkait

Subscribe Now

Agar Anda bisa mendapatkan info terkait artikel terbaru atau info lainnya seputar pelatihan

Tertarik ikut pelatihan? Atau masih bingung?

Anda bisa konsultasi dulu dengan kami

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.1, Pejaten Tim., Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Copyright © 2021 Sastara.org by Yayasan Sasmaya Cipta Akselerasi