Prinsip Pareto Pada Umumnya

Apa itu Kecerdasan Emosional dan Mengapa Penting bagi Pemimpin?

Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali, memahami, dan mengelola emosi diri sendiri dan orang lain. Kecerdasan emosional sangat penting bagi seorang pemimpin, karena dapat membantu mereka untuk berkomunikasi secara efektif, membangun hubungan yang harmonis, menyelesaikan konflik, memotivasi tim, dan menginspirasi visi.

Salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan emosional adalah dengan menerapkan metode Pareto 10 80 10 atau 20 80. Metode ini dikembangkan oleh Justin Bariso, seorang ahli kecerdasan emosional dan penulis buku EQ Applied. Metode ini didasarkan pada prinsip Pareto, yang menyatakan bahwa 80% dari hasil berasal dari 20% dari usaha.

Bagaimana Cara Menerapkan Metode Pareto 10 80 10 atau 20 80?

Metode Pareto 10 80 10 atau 20 80 mengajarkan kita untuk membagi waktu dan energi kita menjadi tiga bagian:

– 10% atau 20% pertama untuk merencanakan dan menetapkan tujuan yang jelas, spesifik, dan terukur.
– 80% untuk melaksanakan rencana dengan fokus, disiplin, dan konsistensi.
– 10% atau 20% terakhir untuk mengevaluasi dan merefleksikan hasil yang dicapai, serta melakukan perbaikan dan penyesuaian jika diperlukan.

Bagaimana Metode Pareto 10 80 10 atau 20 80 Meningkatkan Kecerdasan Emosional?

Metode ini dapat membantu para pemimpin untuk meningkatkan kecerdasan emosional mereka dengan cara:

  • Meningkatkan kesadaran diri, yaitu kemampuan untuk mengenali dan memahami emosi, kekuatan, kelemahan, nilai, dan motivasi diri sendiri. Dengan merencanakan dan menetapkan tujuan yang sesuai dengan diri kita, kita dapat mengembangkan rasa percaya diri dan optimisme yang positif.
  • Meningkatkan pengelolaan diri, yaitu kemampuan untuk mengendalikan dan mengatur emosi, perilaku, dan tindakan diri sendiri. Dengan melaksanakan rencana dengan fokus, disiplin, dan konsistensi, kita dapat mengatasi tekanan, tantangan, dan gangguan yang mungkin muncul di sepanjang jalan.
  • Meningkatkan kesadaran sosial, yaitu kemampuan untuk memahami dan merasakan emosi, kebutuhan, harapan, dan pandangan orang lain. Dengan mengevaluasi dan merefleksikan hasil yang dicapai, kita dapat mendapatkan umpan balik dari orang lain, baik yang positif maupun negatif, serta belajar dari kesalahan dan keberhasilan.
  • Meningkatkan pengelolaan hubungan, yaitu kemampuan untuk memengaruhi dan membina hubungan yang baik dengan orang lain. Dengan melakukan perbaikan dan penyesuaian jika diperlukan, kita dapat menunjukkan sikap tanggung jawab, kerjasama, empati, dan penghargaan kepada orang lain.

Dengan menerapkan metode Pareto 10 80 10 atau 20 80 dalam kepemimpinan kita, kita dapat meningkatkan kecerdasan emosional kita dan menjadi pemimpin yang lebih efektif, produktif, dan inovatif.

Artikel Terkait

Subscribe Now

Agar Anda bisa mendapatkan info terkait artikel terbaru atau info lainnya seputar pelatihan

Tertarik ikut pelatihan? Atau masih bingung?

Anda bisa konsultasi dulu dengan kami

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.1, Pejaten Tim., Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Copyright © 2021 Sastara.org by Yayasan Sasmaya Cipta Akselerasi